You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Mandalamekar
Desa Mandalamekar

Kec. Cimenyan, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA MANDALAMEKAR KECAMATAN CIMENYAN KABUPATEN BANDUNG, MENGUTAMAKAN BERITA BERITA TERKINI DAN TERPERCAYA SERTA KEAKURATAN DATA.

KEGIATAN PENGECORAN  JALAN USAHA TANI (JUT) DI DESA MANDALAMEKAR

DEDE YUSUF 06 Juni 2024 Dibaca 85 Kali
KEGIATAN PENGECORAN  JALAN USAHA TANI (JUT) DI DESA MANDALAMEKAR

KEGIATAN PENGECORAN  JALAN USAHA TANI (JUT) DI DESA MANDALAMEKAR: MENINGKATKAN AKSESIBILITAS DAN PRODUKTIVITAS PERTANIAN

Pemerintah Desa Mandalamekar telah melaksanakan kegiatan pengecoran  Jalan Usaha Tani (JUT) Jalan Balingbing di Kp. Panyandaan RT 03 RW 07 dengan menggunakan Dana Desa Tahun Anggaran 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas dan efisiensi kegiatan pertanian di Desa Mandalamekar. Panjang  jalan yang dicor keseluruhan adalah 245 meter dengan total biaya Rp. 175.610.000,- yang dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama, sepanjang 130 meter dengan lebar 3 meter dengan ketinggian 15 cm dan biaya Rp. 91.366.000,-, telah selesai dilaksanakan. Pengecoran tahap pertama ini memungkinkan akses yang lebih baik bagi para petani, sehingga memudahkan pengangkutan hasil panen dan aktivitas sehari-hari.

Sementara itu, tahap kedua dengan panjang 115 meter dengan ketinggian 15 cm dan lebar 3 meter senilai Rp. 84.244.000,- masih menunggu anggaran untuk dilaksanakan. Pendanaan kegiatan in berasal dari kegiatan program ketahanan pangan yang di biayai anggaran Dana Desa (earmarked) atau dana desa yang kegiatannya ditentukan peruntukannya. Kegiatan ini melibatkan partisipasi aktif dari Pemerintah Desa , BPD, LPMD, Pelaksana Teknis Kegiatan, Pendmping Desa dan Pendamping Lokal dan warga setempat, menunjukkan kerjasama yang solid dalam meningkatkan infrastruktur Desa Mandalamekar.

Lokasi Kegiatan Pengecoran Jalan Balingbing di Kp. Panyandaan RT 03 RW 07 merupakan area strategis bagi kegiatan pertanian, sehingga pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT) ini sangat penting. Dengan kondisi jalan yang lebih baik, diharapkan para petani dapat mengangkut hasil panen dengan lebih mudah dan cepat, mengurangi kerusakan pada produk pertanian, dan menekan biaya transportasi. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi desa secara keseluruhan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan membuka peluang bagi peningkatan kualitas hidup warga Desa Mandalamekar.

Secara keseluruhan, kegiatan pengecoran Jalan Usaha Tani (JUT) di Desa Mandalamekar merupakan langkah signifikan dalam upaya pemerintah desa untuk meningkatkan infrastruktur dan kesejahteraan masyarakat. Dengan kerjasama yang baik antara pemerintah desa dan warga, serta pemanfaatan dana desa yang tepat sasaran, pembangunan ini diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi desa guna mendukung kemajuan pertanian serta perekonomian lokal.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image